Ada pertanyaan? 02517521690

Image

PESANTREN KILAT RAMADHAN 1445 H SIT BINA CENDEKIA MANDIRI ENTREPRENEUR'S SCHOOL

Ribai 22 April 2024 Berita 216

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa yang sangat ditunggu kedatangannya oleh umat muslim di seluruh dunia. Hal ini terbukti dari keberadaan amalan yang diwajibkan hanya di bulan Ramadhan seperti puasa dan sejumlah keutamaan lain yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits.

Pesantren kilat ramadhan adalah pendidikan yang dilaksanakan dengan mengadopsi sistem pondok pesantren, namun pelaksanaannya dalam waktu yang lebih singkat pada Bulan Ramadhan. Pesantren kilat ramadhan merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan SIT Bina Cendekia Mandiri Entrepreneur's School dalam upaya Membentuk Generasi Qurani yang SMART (Sholih,Mandiri Amanah ,Rajin &Tangguh).

Program pesantren kilat ramadhan SIT Bina Cendekia Mandiri Entrepreneur's School yaitu BCM (Bina Cendekia Mandiri) Ramadhan Ceria yang diikuti oleh peserta didik dari PAUD KB –TKIT dan SDIT berjumlah kurang lebih 105 peserta didik. BCM Ramadhan Ceria dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 01 – 04 April 2024 di Gedung SIT Bina Cendekia Mandiri Entrepreneur's School dengan tema “Membentuk Generasi Qurani yang SMART (Sholih,Mandiri Amanah ,Rajin &Tangguh)”.

Bapak Dr. Ir. Kiman Siregar, S.TP, M.Si, IPU selaku Ketua Pembina Yayasan Dakara Bisnis Intitvte menyampaikan “Kegiatan pesantren kilat ramadhan merupakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan setiap Ramadhan untuk menambah kecintaan peserta didik terhadap bulan Ramadhan dan Cinta Al-Qur’an dengan mengisi nilai-nilai ibadah yang semoga terus terbawa di luar Ramadhan".

Dalam sambutannya Ibu Sholihati, SP.M. Si selaku ketua Yayasan Dakara Bisnis Intitvte menyampaikan harapannya yaitu “Semoga dengan Pelaksanaan BCM Ramadhan ceria ini anak-anak BCM akan menjadi pribadi tangguh yang memiliki kepribadian dan akhlakul karimah serta menjadi pribadi mandiri dan juga mampu melatih kesabaranmelalui ramadhan ini.”

Kegiatan BCM Ramadhan Ceria menjadi momentum yang sangat baik dan strategis sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.dalam membangun keimanan dan karakter peserta didik.

Kegiatan BCM Ramadhan Ceria sangat menarik dan menuntut aktif peserta didik diantaranya pendidikan kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas mengaji dengan metode UMMI, hafalan surah pendek, do’a niat berpuasa dan berbuka puasa, hadist, senandung keagamaan, dan praktik shalat ied. Kegiatan-kegiatan tersebut dimaksudkan agar peserta didik memiliki pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran agama Islam.

Kreatifitas dan imajinasi peserta didik pada kegiatan BCM Ramadhan Ceria tersalurkan melalui pembuatan hasil karya antara lain:

1.    Membuat sajadah dan bross dari kain flannel

2.    Membuat tasbih

3.    Membuat sendal dengan spons

4.    Membuat kartu ucapan Idul Fitri

5.    Membuat parcel ramadhan

6.    Membuat kolase Asmaul Husna dengan biji kacang hijau

7.    Membuat miniature masjid dari tutup botol dan kardus

 

 

Pembuatan hasil karya dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, menciptakan objek fungsional, dan estetik, serta dapat menyalurkanminat dan bakat peserta didik.

Acara puncak BCM Ramadhan Ceria yaitu melaksanakan pentas seni dengan menampilkan antara lain:

1.     Sholawat Nadho Alfiah oleh PG,TK A &TK B

2.     Tahfidz surah Al-Humazah oleh SDIT

3.     Lagu kisah sang Rasul oleh SDIT

4.     Sholawat Ramadhan oleh SDIT

Pada Acara puncak BCM Ramadhan Ceria menampilkan Dongeng oleh Kak Fajar.      Dongeng Ramadhan memberikan manfaat besar bagi anak-anak, termasuk pengenalan tradisi Ramadhan, pendidikan moral tentang kebaikan dan kesabaran, peningkatan kreativitas, pengenalan nilai-nilai agama Islam, pembangunan dan identitas Muslim. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan khataman bersama yang dipimpin oleh Ustaz Sauqi.

Acara puncak BCM Ramadhan Ceria diakhiri kegiatan Buka Puasa Besama. Kegiatan ini bertujuan untukmempererat tali silaturahmi dan keakraban masing -masing peserta didik danmenjadikan sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi anak - anak.

Kegiatan BCM Ramadhan Ceria berjalan lancar, meriah, dan sukses. Seluruh peserta didik sangat menikmati dan menantikan kegiatan ini tahun depan. Semoga setiap amal ibadah yang kalian lakukan di bulan suci ini menjadi ladang pahala yang akan menghantarkan kalian pada kebahagiaan dunia dan akhirat. Selamat tinggal, Ramadhan, dan mari kita sambut bulan Syawal dengan senyuman, dengan harapan, dan dengan tekad yang lebih kuat untuk terus berbuat baik.