Ada pertanyaan? 02517521690

Image

MEMBANGUN GENERASI CINTA MEMBACA MELALUI POHON LITERASI

Ribai 12 Agustus 2024 Berita 117

Senin – 12/08/2024. Menurut penelitian UNESCO menyatakan bahwa dari 1000 orang penduduk Indonesia, ternyata hanya satu orang yang memiliki minat baca. Bahkan, Indonesia menempati peringkat 70 dari 80 negara dengan skor literasi membaca 359. Artinya, Indonesia masih tertahan di peringkat 10 terbawah (sumber: https://www.detik.com).

Untuk menambah kecintaan dalam membaca, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayann meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah atau disingkat menjadi GLS. Gerakan ini wajib digalakkan karena minat membaca dan menulis di Indonesia masih tergolong minim. Program literasi ini diharapkan mampu menumbuhkan minat membaca dan menulis sejak dini.

SDIT Bina Cendekia Mandiri, salah satu sekolah yang ikut turun andil dalam menggalakkan program ini. Agar peserta didik semakin sadar bahwa membaca adalah salah satu jendela dunia. Program literasi di SDIT Bina Cendekia Mandiri dikemas dengan cara yang menarik, yaitu menggunakan Pohon Literasi. Setiap peserta didik yang sudah membaca, akan menuliskan nama mereka dan judul buku yang telah dibaca. Hmm, menarik bukan? Yuk, Ayah Bunda, tidak hanya di sekolah, namun bantu Ananda dalam menjalankan program literasi ini di rumah yaa! (CH)