Ada pertanyaan? 02517521690

Image

PENINGKATAN KUALITAS GURU BCM MELALUI PELATIHAN IKM

Ribai 30 Mei 2024 Berita 148

Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, BCM mengadakan pelatihan bagi guru SIT BCM terkait Implementasi Kurikulum Merdeka yang sudah dirubah menjadi Implementasi Kurikulum Nasional karena telah dilaksanakan hampir secara Nasional.

Bertempat di Aula Lantai 3  Gedung SIT BCM di Perumahan Ambar Mutiara Ciomas pelaksaan pelatihan ini diisi oleh narasumber Bapak Yusef Gunawan, MPd. yang merupakan salah satu Fasilitator IKM.

Dibuka oleh Ibu Neni Oktaviani, S.Tp  selaku Kepala Sekolah SDIT BCM dan Ibu Sholihati, SP, M.Si selaku Ketua Yayasan YDBI, acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 mengharapkan semoga kegiatan ini mampu menambah ilmu dan mampu meningkatkan kualitas pembuatan Modul ajar yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh guru.

Dalam sambutannya Ibu Sholihati, SP, M.Si menyampaikan “Pendidikan yang berkualitas adalah kunci untuk membangun masa depan yang cerah. Di dalam proses pembelajaran, peran guru sangatlah penting sebagai ujung tombak dalam mentransfer pengetahuan, membimbing dan membentuk karakter peserta didik. Program pelatihan guru bertujuan untuk menyegarkan dan up to date terhadap perubahan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih relevan dengan tuntutan dunia saat ini. Dewan guru yang mendapatkan pelatihan memadai dapat menggunakan teknologi dan sumber daya pendidikan modern untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Diisi oleh narasumber Bapak Yusef, Beliau menyampaikan bahwa ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembuatan modul diantaranya:
1. Menentukan Capaian Pembelajaran (CP) yang sesuai dengan fase peserta didik
2. Membuat Tujuan Pembelajaran (TP) yang disesuaikan dengan karakter serta keadaan peserta didik
3. Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disesuaikan dengan penentuan kategori materi mana saja yang akan diajarkan kepada peserta didik.

 

Selanjutnya Bapak Yusef juga menjelaskan bahwa selain pembuatan modul ajar. Diperlukan pembuatan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dalam Pembuatan Modul P5 ada 6 dimensi yang harus ada dalam semua modul ajar di antaranya:

1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

2) mandiri

3) bergotong-royong

4) berkebinekaan global

5) bernalar kritis, dan

6) kreatif.

Selain itu dalam Kurikulum merdeka  pelaksanaan  P5 harus berdasarkan kondisi wilayah sekolah tersebut. Hal ini akan mendorong kearifan lokal terlaksana.

Pelaksanaan pelatihan ini yang merupakan jilid 1 dari pelatihan diharapkan membuka wawasan guru mengenai pelaksanaan IKM. Karena sejatinya IKM ini akan terus mengalami perkembangan. Semoga dengan terlaksananya pelatihan ini, semua guru memiliki bekal dalam pembuatan modul ajar maupun modul P5 yang berkualitas.

Harapan besar yang ingin dicapai dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah mewujudkan peserta didik yang cerdas sesuai bakat dan minatnya dengan berkepribadian  dan berjiwa Pancasila. Harapan ini tentu tidak dapat dicapai jika tidak ada komitmen bersama seluruh elemen bangsa, khususnya elemen yang berkecimpung di dunia pendidikan, maka dengan adanya pelatihan IKM di SIT BCM diharapkan mampu memberi kontribusi demi terwujudnya harapan bangsa.