Ada pertanyaan? 02517521690

Image

PROGRAM HOME VISIT PAUD KB- TKIT BINA CENDEKIA ENTREPRENEUR’S SCHOOL UNTUK MEMBANTU MENYELARASKAN PERKEMBANGAN SISWA MELALUI KOLABORASI SEKOLAH DAN ORANG TUA

Ribai 03 Desember 2024 Berita 94

Kegiatan home visit merupakan salah satu program TKIT Bina Cendekia Mandiri Entrepreneur’s School yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara guru, siswa dan keluarga. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap perkembangan belajar anak melalui pemahaman lebih mendalam tentang lingkungan rumahnya.

Tujuan dari Kegiatan Home Visit ini adalah: 1. Mengamati secara langsung lingkungan belajar anak di rumah. 2. Membangun komunikasi yang lebih erat antara guru dan orang tua. 3. Memberikan masukan kepada orang tua terkait metode pengasuhan dan pembelajaran anak. 4. Memahami faktor-faktor lingkungan yang memengaruhi perkembangan akademik dan karakter anak. 5. Menjalin hubungan emosional yang positif antara guru, siswa, dan keluarga untuk menciptakan sinergi dalam mendidik anak.

Dalam  Pelaksanaan Kegiatan Home visit ini teknis pelaksanaannya di atur  melalui  kesepakatan antara guru dan orang tua. dan jam berkunjung dilakukan selesai mengajar sehingga tidak mengganggu pembelanjaran. Dalam kunjungan home visit ini Ibu Siti Patimah. S.Pd selaku kepala sekolah  mengatakan kegiatan ini sangat di support orang tua karena sekolah memberi perhatian terhadap tumbuh kembang anak di rumah,  Imbuhnya. Kegiatan ini juga didukung oleh Ibu Siti Rofiah. S.Pd, Ibu Deptya Mayangsari. S.Pd, Ibu Yuningsih, S.Pd, Ibu Maryani dan Ibu Puteri Ananda selaku guru kelas PAUD KB- TKIT Bina Cendekia Entrepreneur’s School.

Dalam kegiatan home visit ini yang diamati adalah : 1. Observasi lingkungan rumah siswa. 2. Diskusi dengan orang tua terkait perkembangan akademik dan karakter siswa. 3.Kendala dan tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di rumah. 4. Penyampaian saran oleh guru.

Kegiatan home visit berjalan dengan lancar dan mendapat respons positif dari keluarga peserta didik. Guru mendapatkan wawasan baru terkait pola asuh dan kondisi rumah yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mendukung pembelajaran siswa di sekolah. Orang tua juga merasa terbantu dengan masukan yang diberikan oleh guru. (S'Rof& SH)